HUBUNGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI BAGI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Di dalam dunia pendidikan , disadari bahwa sekolah-sekolah masih perlu
meningkatkan kedisiplinannya. Masih banyak ditemukan sekolah-sekolah yang
belum berada pada tingkat disiplin yang baik, sehingga hal tersebut akan
mempengaruhi hasil belajar atau prestasi siswa yang kurang baik. Disiplin
menjadi sarana pendidikan, karena dalam mendidik disiplin berperan
mempengaruhi, mendorong, mengendalikan, mengubah, membina dan
membentuk perilaku-perilaku tertentu sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan,
diajarkan dan diteladankan. Oleh karena itu, sekolah perlu menempatkan disiplin
ke dalam prioritas program pendidikan. Dengan demikian, para siswa akan
terbawa arus disiplin sekolah yang baik yang akan melahirkan siswa-siswa yang
berprestasi. Permasalahan yang diungkap melalui penelitian ini adalah: 1)
bagaimana tingkat kedisiplinan siswa, 2) bagaimana prestasi belajar sosiologi
siswa, dan 3) adakah hubungan yang signifikan antara kedisplinan dengan prestasi
belajar sosiologi siswa kelas XI IPS MAN Babakan Lebaksiu Tegal. Tujuan
penelitian ini adalah : 1)untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa, 2)prestasi
belajar siswa, dan 3) hubungan antara kedisplinan dengan prestasi belajar
sosiologi siswa kelas XI IPS MAN Babakan Lebaksiu Tegal .
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Babakan
Lebaksiu Tegal berjumlah 233 siswa. Sampel yang diambil 47 siswa yang diambil
20% secara proporsional random sampling dari masing-masing kelas, khususnya
kelas XI IPS. Adapun variabel yang diteliti yaitu tingkat kedisiplinan siswa
sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Data yang
diambil menggunakan angket untuk menggali data tentang tingkat kedisiplinan
dan dokumentasi untuk menggali data tentang prestasi belajar sosiologi yang
dinyatakan dengan nilai rata-rata raport, selanjutnya data dianalisis dengan
statistik menggunakan regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa kelas XI
IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan Lebaksiu Tegal dalam kategori tinggi,
terbukti sebanyak 74,5% siswa mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi
selebihnya 19,1% dengan kedisiplinan sangat tinggi dan 6,4% dalam kategori
rendah. Dilihat tingkat pelanggarannya, sebanyak 48,9% siswa tidak melakukan
pelanggaran, 23,4% melakukan 1 kali, selabihnya melakukan 2-5 kali
pelanggaran. Tingginya tingkat disiplin ini terkait dengan adanya tata tertib
sekolah yang harus ditaati bersama dan berlaku angka kredit point, sehingga siswa
berusaha untuk tidak melanggar. Prestasi belajar sosiologi yang dicapai siswa
kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan Lebaksiu Tegal dalam kategori
cukup, terbukti dari 46,8% siswa memperoleh nilai 70-80 dalam kategori cukup,

27,7% siswa memperoleh nilai kurang dari 70 dalam kategori kurang dan 25,5%
dengan nilai antara 80-90 dalam kategori baik. Hasil analisis regresi diperoleh
nilai F hitung sebesar 21,18 > Ftabel (4,06) pada taraf kesalahan 5% dengan dk = 1
dan dk = 45, sehingga Ho ditolak, yang berarti ada hubungan yang signifikan
antara tingkat kedisiplinan dengan prestasi belajar sosiologi yang dicapai siswa
kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan Lebaksiu Tegal.
Saran yang diajukan adalah : 1) kepada guru, terutama guru sosiologi
untuk lebih memantau hasil pekerjaan tugas yang diberikan kepada siswa. Dari
hasil penelitian terlihat bahwa persentase pelaksanaan tugas dan pekerjaan rumah
ternyata masih rendah, sehingga masih perlu ditingkatkan ; 2) Pihak sekolah
hendaknya lebih memberlakukan peraturan secara tegas, konsisten dan
konsekuen, sehingga diharapkan dapat meningkatkan disiplin siswa. Peraturan
tersebut hendaknya diikuti juga dengan kesadaran disiplin dari siswa melalui
pengintegrasian sikap disiplin pada setiap mata pelajaran. Dalam hal ini guru
harus dapat menjadi keteladanan dalam disiplin sekolah ; 3) Kepada siswa
hendaknya lebih menyadari pentingnya disiplin baik ditinjau dari segi agama,
etika dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar yang dicapai.

skripsi selengkapnya dapat diunduh di: http://www.4shared.com/document/rv45WdXZ/1549.html

Posted on April 12, 2011, in Kajian sosiologis. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: