Qronis —-> Iqro Animasi

Belajar Iqro kini menjadi lebih menyenangkan dengan hadirnya Qronis. Qronis adalah sebuah program belajar Iqro yang disertai dengan animasi. Metode yang dipakai metode Iqro yang terdiri dari tiga tahap belajar huruf, tanda-tanda dalam huruf arab seperti fathah , kasroh dan dhommah dan tahap terakhir merangkai huruf hijaiyah.

Tapi yang membedakan dengan metode Iqro biasa adalah dengan adanya gambar animasi yg akan membuat anak-anak semakin bersemangat belajar membaca alquran. Metode ini diciptakan oleh 5 orang mahasiswa STT Telkom Bandung. Metode Qronis ini bisa dipelajari gratis secara online ataupun di download melalui websitenya www.qronis.web.id

Qronis adalah metode pembelajaran membaca Al Qur’an baru dengan dengan pendekatan Iqro Animasi. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran Qronis (Iqro Animasi) ini berupa CD interaktif dan halaman website. Hal ini dimaksudkan agar pengaksesan program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, sehingga terbentuklah karakteristik masyarakat yang tidak hanya ahli dalam IPTEK tetapi juga IMTAQ.

Qronis: Iqro Animasi, belajar iqro, belajar membaca huruf hijaiyyah untuk anak-anak dengan animasi flash.
Belajar dasar-dasar membaca Al-Quran, mengenal huruf-huruf hijaiyyah, belajar cara membaca huruf hijaiyyah dan cara mengucapkan huruf hijaiyyah (yang merupakan unsur pembentuk kata dalam bahasa arab)

Qronis. Yup, qronis. Kali ini saya ingin membahas tentang qronis. Ingat ya, qronis bukan kronis. Karena ‘qronis’ dengan ‘kronis’ memiliki makna yang sangat berbeda tentunya.

Menurut KBBI Daring, kronis diartikan sebagai berikut:

kro·nis a 1 terus-menerus berlangsung; tahan dl waktu yg lama (tt keadaan); 2 berjangkit terus dl waktu yg lama; menahun (tt penyakit yg melanda diri seseorang) yg tidak sembuh-sembuh

Sedangkan qronis yang saya maksudkan merupakan sebuah akronim dari Iqro Animasi. Jadi, qronis ini merupakan suatu program aplikasi komputer untuk memudahkan belajar membaca Al-Qur’an dengan metode iqro. Qronis ini ditujukan untuk anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa yang belum bisa membaca Al-Qur’an untuk mencobanya.

Qronis sangat cocok digunakan bagi mereka para pengajar TPA maupun guru mengaji anak-anak. Tapi, tentunya harus dijalankan dengan komputer. Bisa digunakan sebagai variasi dalam metode pengajaran iqro, sehingga anak-anak pun ikut senang. Mereka serasa diajak bermain sekaligus belajar.

Sebagai informasi, software qronis ini saya dapatkan saat mengikuti pameran geMasTIK 2008 bulan lalu,. Pada pameran tersebut, pesertanya rata-rata adalah para mahasiswa. Mereka memamerkan hasil karyanya, baik itu yang berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Nah, di salah satu stan pada pameran tersebut itulah, software qronis ini saya dapatkan.

Qronis ini merupakan karya cipta dari para mahasiswa IT Telkom. Kata mereka, sempat pula diikutkan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2008, dan meraih juara ketiga untuk bidang pengabdian kepada masyarakat (kalo gak salah-red). Jadi, saya memintanya langsung (copy-paste) kepada mereka. Dan, qronis ini sifatnya FREE. Sebenarnya, qronis ini dapat juga diunduh (di-download) pada URL: http://qronis.web.id. Namun entah mengapa, ketika saya coba URL tersebut, ternyata masa berlaku domainnya telah habis. Jadi, bagi yang tertarik, saya sarankan untuk segera saja menuju ke halaman unduh (pada list Main Course no.10). Karena saya sudah menautkan URL untuk mengunduhnya. Monggo!

silahkan download disini

Posted on May 20, 2011, in untuk guru. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: