LATIHAN UNAS SOSIOLOGI

  1. Seorang guru memberikan pertanyaan kepada Ani, dan Ani dapat menjawab pertanyaan tersebut. Hal tersebut menunjukkan….
    1. Interaksi sosial
    2. Sugesti sosial
    3. Kontak sosial
    4. Simpati sosial
    5. Komunikasi sosial
  2. Seorang Ayah memberikan nasehat kepada anaknya agar selalu rajin belajar sehingga cita-citanya akan tercapai. Faktor yang memengaruhi interaksi tersebut adalah….
    1. Sugesti
    2. Simpati
    3. Motivasi                                      
    4. Identifikasi
    5. Empati
  3. Perhatikan pernyataan berikut !

1) mematuhi peraturan lalulintas

2) menerima tamu dengan rapi

3) menjaga kebersihan lingkungan

4) etika pergaulan pria dan wanita

5) meningkatkan prestasi sekolah

Diantara kegiatan di atas yang tergolong nilai moral adalah….

  1. 1 dan 2
  2. 1dan 3
  3. 1 dan 4
  4. 1dan 5
  5. 2 dan 4
  6. Perhatikan perbuatan-perbuatan berikut ini!
    1. Berciuman di depan umum
    2. Penganiayaan
    3. Mengenakan rok mini
    4. KKN

Dari perbuatan di atas yang merupakan pelanggaran terhadap norma hukum adalah….

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 1 dan 4
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4
  6. Siswa yang masuk sekolah diwajibkan mengenakan pakaian seragam. Ketentuan memakai seragam di maksudkan agar tidak tampak perbedaan status sosial antara siswa yang kurang mampu dan mampu,sehingga para siswadapat belajar dengan baik. Sebagai unsur keteraturan sosial di sekolah, ketentuan tentang berpakaian seragam tersebut merupakan….
    1. Tertib perilaku sosial
    2. Pola perilaku sosial
    3. Keajegan perilaku sosial
    4. Tata tertib atau order sosial
    5. Pengendalian sosial
  7. Sejak kecil Ibu selalu mengajarkan kepada Tirta untuk menggunakan tangan kanan ketika makan dan menerima pemberian dari orang lain. Tindakan tersebut merupakan contoh bentuk sosialisasi….
    1. Formal
    2. Informal
    3. Primer
    4. Non formal
    5. Sekunder
  8. Di sekolah individu diajarkan berbagai bidang ilmu yang bermanfaat bagi kehidupannya. Selain itu individu juga dibiasakan dengan nilai dan norma agar mampu berperan dengan baik dalam kehidupannya kelak. Dari uraian tersebut , sekolah melaksanakan sosialisasi….
    1. Formal
    2. Partisipasi
    3. Informal
    4. Edukatif
    5. Represif
  9. Pada tahap ini manusia telah menjadi warga masyarakat dalam arti seutuhnya serta dapat menyelaraskan dan menyesuaikan dirinya dengan nilai dan norma.

Dari pernyataan di atas individu tersebut berada pada tahap….

  1. Persiapan
  2. Game stage
  3. Meniru
  4. Penerimaan norma kolektif
  5. Siap bertindak
  6. Hubungan antara sosialisasi dengan kepribadian adalah….
    1. Kepribadian menentukan terjadinya proses sosialisasi
    2. Sosialisasi adalah satu-satunya pembentuk kepribadian
    3. Kepribadian adalah satu-satunya faktor sosialisasi
    4. Kepribadian berfungsi efektif dalam proses sosialisasi
    5. Kepribadian terbentuk karena adanya proses sosialisasi
  7. Pada mulanya Widodo bukan seorang pencuri. Akan tetapi, setiap kali ada sesuatu yang hilang di rumahnya ia selalu dituduh dan dipersalahkan. Lama-kelamaan ia berpikir tidak mencuri pun ia selalu dituduh, lebih baik ia mencuri saja.

Dari uraian di atas, tampak bahwa penyebab penyimpangan adalah….

  1. Pergaulan yang berbeda
  2. Cap atau stigma negatif
  3. Ketiadaan penendalian sosial
  4. Paksaan keadaan
  5. Keinginan untuk menyimpang
  6. Contoh penyimpangan berupa perilaku yang berbeda dengan sebagian besar orang adalah….
    1. Gay
    2. Pelecehan seksual
    3. Korupsi
    4.  Penistaan
    5. Pembunuhan
  7. Orang akan berkelakuan baik karena sadar bahwa penyimpangan akan berakibat buruk, baik bagi dirinya maupun orang lain. Hal ini menunjukkan fungsi pengendalian sosial untuk….
    1. Mempertebal keyakinan masyarakat tentang kebaikan norma
    2. Memberikan imbalan kepada warga yang menaati norma
    3. Mengembangkan rasa malu
    4. Mengembangkan rasa takut
    5. Menciptakan sistem hukum
  8. Apabila anjuran, bujukan, ataupun metode verbal, gagal menghentikan perilaku menyimpang individu ataupun kelompok individu, pengendalian dapat dilakukan melalui….
    1. Teguran
    2. Penyuluhan
    3. Nasehat
    4. Kekuatan
    5. Sosialisasi
  9. Ibu Anik menunggak pembayaran tagihan listrik selama 3 bulan. Berdasarkan ilustrasi tersebut adalah bentuk penyimpangan….
    1. Sekunder
    2. Negatif
    3. Primer
    4. Campuran
    5. Positif
  10. Akibat pembantu rumahtangga Bu Tutik membuang sampah sembarangan, Bu Tutik bertengkar dengan tetangganya. Mereka saling tuduh dan menjelekkan perilaku masing-masing. Lembaga pengendalian utama yang mampu mengatasi kasus tersebut adalah….
    1. Satpam
    2. Lembaga formal
    3. Kepolisian
    4. Tokoh masyarakat
    5. Pengadilan
    1. Golongan sangat kaya
    2. Golongan kaya
    3. Golongan miskin

3.   Golongan menengah

Gambar tersebut menunjunkkan stratifikasi sosial yang bersifat…

  1. Tertutup                             D.   Campuran
  2. Terbuka                            E.   Dinamis
  3. Terbatas
  4. Perhatikan pernyataan berikut!
    1. Mobilitas sosial vertikal cukup tinggi
    2. Berdasarkan kriteria pendidikan atau keahlian
    3. Status sosial tidak dapat berubah atau berpindah
    4. Garis pemisah lapisan sosial sangat tegas

Pernyataan yang termasuk ciri-ciri stratifikasi sosial terbuka adalah….

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4
  6. Fungsi nyata stratifikasi sosial sebagai alat pemersatu adalah….
    1. Dapat mengkoordinasi unit-unit yang ada dalam struktur sosial
    2. Meningkatkan hubungan antar individu yang ada di lingkungannya
    3. Memudahkan dalam mendistribusikan tugas-tugas
    4. Memudahkan cara menguasai anggota kelompok
    5. Memudahkan cara menentukan peringkat peran anggota

Kaihatu

Latuconsiana

 

Ambon

Islam

Kristen

Sinaga

Nasution

Sembiring

Batak

 

 

 

 

 

 

Struktur sosial pada masyarakat majemuk di atas berbentuk….

  1. Konsolidasi sosial
  2. Interaksi sosial
  3. Integrasi sosial
  4. Asimilasi sosial
  5. Akulturasi sosial
  6. Pernyataan yang menggambarkan bentuk mobilitas sosial horizontal adalah….
    1. Emi dahulu seorang guru di desa, sekarang menjadi guru di kota
    2. Ina dahulu karyawan biasa, sekarang menjadi pimpinan perusahaan
    3. Budi adalah pimpinan perusahaan kerena tertipu ia menjadi bangkrut
    4. Tono dahulu seorang supirangkutan, sekarang dia menjadi manajer perusahaan angkutan
    5. Andi yang dahulu pedagang keliling kerena kerja kerasnya kini menjadi seorang pengusaha
  7. Beberapa faktor sosial:
    1. Individu di lapisan atas terbatas
    2. Tingkat pendidikan yang rendah
    3. Keinginan melihat daerah lain
    4. Sudah puas dengan apa yang dimiliki

Yang merupakan faktor penghambat mobilitas sosial adalah….

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 1 dan 4
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4
  6. Seorang sarjana hukum lulusan UI bergabung dangan LBH sebelum namanya terkenal sebagai pengacara kondang. Contoh tersebut menunjukkan mobilitas sosial yang diperoleh melalui saluran….
    1. Parpol dan pertemanan
    2. Lembaga pendidikan dan parpol
    3. Organisasi profesi dan pendidikan
    4. Kelompok pertemanan dan pekerjaan
    5. Hubungan kekerabatan dan keahlian

 

  1. Konflik vertikal yang terjadi di Maluku antara pemerintah Indonesia dan gerakan separatis Republik Maluku Selatan sudah berlangsung lama. Konflik tersebut dilatarbelakangi kepentingan….
    1. Sosial
    2. Ekonomi
    3. Budaya                                        
    4. Politik
    5. Wilayah
  2. Akibat terjadinya pertentangan atau konflik sosial adalah….
    1. Pendirian yang sama
    2. Kepentingan yang sama
    3. Persamaan suku bangsa
    4. Persamaan kebudayaan
    5. Hilangnya harta benda
  3. Perhatikan pernyataan berikut!

1) konflik antara pemerintah pusat  dan pemerintah daerah

2) konflik antara Indonesia dengan Malaysia tentang batas wilayah

3)kerusuhan yang terjadi antara pekerja dengan atasan

4) tawuran antara pelajar SMA dan STM di kota tertentu

Yang termasuk konflik vertikal adalah….

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 4
  3. 1 dan 3     
  4. 3 dan 4
  5. 2 dan 3
  6. Perbedaan pendapat antara dua pemain sepak bola di lapangan dapat diakhiri setelah wasit yang memimpin pertandingan membuat keputusan dan kedua pemain menerima dengan ikhlas terhadap keputusan wasit tersebut. Bentuk akomodasi penyelesaian konflik tersebut dinamakan….
    1. Arbitrasi
    2. Konsiliasi
    3. Mediasi
    4. Adjudikasi
    5. Kompromi
  7. Perhatikan pernyataan berikut!

1) keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain dalam masyarakat

2) adanya kesadaran para anggotanya sebagai warga kelompok

3) adanya hubungan timbal balik antara anggota kelompok dalam kelompok tersebut

4) keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya

Dari pernyataan di atas yang termasuk dasar terbentuknya kelompok sosial adalah…

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3
  3. 1 dan 3
  4. 1 dan 4
  5. 2 dan 4
  6. Perhatikan ciri-ciri hubungan sosial berikut!
    1. Hubungan antar anggota bersifat batiniah
    2. Hubungan antar anggota bersifat lahiriah
    3. Solidaritas sosial  tinggi
    4. Solidaritas sosial sangat terbatas
    5. Hubungan sosial bersifat langgeng

Berdasarkan pernyataan di atas yang menjadi ciri dari masyarakat paguyuban adalah….

A. 1, 3, 5

B. 1, 2, 4

C. 1, 2, 5

D. 1, 2, 3

E. 2, 3, 4

  1. Masyarakat Indonesia sebagai masyarakat majemuk yang perwujudannya dapat terlihat dari hal-hal sebagai berikut antara lain….

A. suku, agama dan ras

B. pola masakan, sistem kekerabatan dan bahasa

C. hobi, pekerjaan dan kekerabatan

D. sistem kasta dan stratifikasi sosial

E. sistem pembagian warisan dan sistem peralatan perlengkapan hidup

  1. Bentuk geografis berpengaruh terhadap kemajemukan masyarakat. Banyak wilayah di Indonesia yang terisolasi (karena bentuk wilayah kepulauan) sehingga menghambat pergaulannya dengan masyarakat lain. Kenyataan tersebut menyebabkan terjadinya kemajemukan….
    1. Suku bangsa
    2. Golongan sosial
    3. Agama resmi
    4. Daerah/wilayah
    5. Ras/ciri fisik
  2. Salah satu fungsi laten primordialisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu….
    1. Memperkuat ikatan golongan
    2. Memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan
    3. Mewujudkan sikap berpegang teguh pada nilai budaya
    4. Menjaga keutuhan dan kestabilan budaya
    5. Memicu pecahnya konflik sosial
  3. Anggapan subjektif bahwa kelompoknya lebih religius dibandingkan kelompok masyarakat lainnya merupakan perilaku masyarakat multikultural….
    1. Ekstrimisme
    2. Nasionalisme
    3. Etnosentrisme
    4. Narzisme
    5. Egoisme
  4. Setelah era reformasi bergulir sejak th 1998,banyak sekali perubahan yang terjadi pada lembaga pemerintahan.Seperti DPA dihilangkan muncul lembaga baru MK dan KY.Perubahn ini dapat dikategorikan sebagai….
    1.                   A.            perubahn kecil
    2.                    B.            perubahan proses
    3.                    C.            perubahn struktural
    4.                   D.            perubahn dikehendaki
    5.                    E.            perubahan direncanakan
  5. Faktor penyebab perubahan sosial:
    1. Masuknya kebudayaan dari masyarakat lain melalui kontak budaya
    2. Bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk
    3. Konflik dalam masyarakat
    4. Kondisi alam fisik yang berubah
    5. Peperangan dengan negara lain

Faktor penyebab perubahan sosial dari luar adalah…

  1. 1,4, dan 5
  2. 1,2, dan 3
  3. 1,3, dan 5
  4. 2,4, dan 5
  5. 2,3, dan 4
  6. Di bawah ini adalah faktor pendorong perubahan sosial kecuali….
    1. Kontak dengan budaya lain
    2. Penduduk yang heterogen
    3. Orientasi pada masa depan
    4. Rasa tidak puas terhadap keadaan dan situasi yang ada
    5. Adat atau kebiasaan
  7. Sebagaian remaja kota lebih senang makan ayam goreng di restoran waralaba dari luar negeri. Mereka merasa rendah diri dan kurang prestise apabila tidak makan direstoran tersebut berdampak negatif karena….
    1. Menjual makanan asing
    2. Menghilangkan jati diri bangsa
    3. Memperkuat investasi asing
    4. Menambah pengeluaran
    5. Menurunkan status sosial
  8. Modernisasi yang menuntut cara berpikir rasional dan pragmatis sering mengesampingkan keyakinan ajaran agama (SEKULARISME).Apabila hal tersebut terjadi terus menerus, dapat berdampak negatif seperti….
    1. Berkembangnya sikap egosentris
    2. Terganggunya hubungan sosial
    3. Berkurangnya tingkat keimanan
    4. Minimnya waktu untuk ibadah
    5. Tidak percaya pada Tuhan

 

  1. Ciri-ciri lembaga sosial sebagai berikut, kecuali….
    1. Memiliki tingkat kekekalan tertentu
    2. Telah diterima sejumlah besar anggota sistem sosial
    3. Memiliki satu atau beberapa tujuan tertentu
    4. Memiliki alat-alat perlengkapan yang digunakan dalam meraih tujuan
    5. Memiliki lambang-lambang
  2. Lembaga sosial  memiliki fungsi laten, yaitu fungsi….
    1. Yang disadari oleh masyarakat
    2. Yang sewaktu-waktu akan muncul kembali
    3. Yang sifatnya temporer
    4. Yang tidak disadari oleh banyak orang di masyarakat
    5. Yang vukan merupakan tujuan utama
  3. Perhatikan kegiatan lembaga keluarga berikut!
    1. Menyediakan makan dan minum untuk anggota keluarga
    2. Memberikan asi untuk bayi yang dilahirkan
    3. Membiasakan sopan santun terhadap orang yang lebih tua
    4. Mematikan televisi ketika sedang ada orang sembahyang

Yang termasuk fungsi sosialisasi adalah….

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 4
  3. 1 dan 3                                          
  4. 3 dan 4
  5. 2 dan 3
  6. Lembaga sosial yang menurut manfaatnya dianggap sangat penting untuk menuntun manusia dalam rangka menemukan kedamaian hakiki adalah….
    1. Lembaga adat
    2. Lembaga ekonomi
    3. Lembaga hukum
    4. Lembaga politik
    5. Lembaga agama
  7. Lembaga politik mengatur proses persaingan memperebutkan kekuasaan agar tidak sampai menimbulkan perpecahan. Ini merupakan salah satu fungsi lembaga politik untuk….
    1. Memelihara ketertiban di dalam (internal order)
    2. Menjaga keamanan di luar (external order)
    3. Mengusahakan kesejahteraan umum
    4. Mengatur proses politik
    5. Menjajaki peralihan kepemimpinan
  8. Suatu rancangan penelitian harus operasional. Hal ini bermakna bahwa rancangan penelitian harus dapat menjelaskan….
    1. Topik penelitian
    2. Masalah penelitian
    3. Prosedur penelitian
    4. Akhir penelitian
    5. Awal penelitian
  9. Dalam pemilihan topik penelitian, harus memperhatikan aspek signficance of topic, maksudnya….
    1. Topik dan hasil penelitian  nantinya harus mempunyai arti penting
    2. Aktualitas topik dan kesimpulan hasil penelitian nantinya harus memiliki daya baku yang cukup lama
    3. Masalah yang akan diteliti cukup menarik
    4. Topik harus bisa dan memungkinkan untuk diteliti
    5. Diperhitungkannya ketersediaan data di lapangan
  10. Petugas sensus penduduk mendatangi setiap rumah tangga dan menanyakan tentang jumlah keluarga, mata pencaharian, agama, pendidikan, dll. Cara memperoleh data seperti contoh di atas disebut….
    1. Data sekunder
    2. Data primer
    3. Data kualitatif
    4. Data kuantitatif
    5. Dataeksternal
  11. teknik pengambilan sampel yang cocok dimana setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel adalah sampel….
    1. Strata
    2. Random
    3. Wilayah
    4. Cluster
    5. Purposive
  12. Dalam metode observasi biasa digunakan anecdotal record,yakni….
    1. Daftar nama responden
    2. Alat mekanik
    3. Catatan yang dibuat peneliti tentang perilaku menonjol
    4. Skala sikap
    5. Dokumentasi pengaatan
  13. Berikut ini yang merupakan kelemahan angket atau kuesioner berstruktur dibandingkan dengan wawancara adalah….
    1. Jawaban angket terbatas dibandingkan dengan wawancara
    2. Angket lebih mudah memperoleh responden daripada wawancara
    3. Angket dapat menjangkau responden yang banyak daripada wawancara
    4. Jawaban angket nlebih mendalam dibandingkan wawancara
    5. Angket mudah diperbanyak sesuai kebutuhan daripada wawancara
  14. Tersedia data: 3,5,7,9,3,4,9,6,8

Hitunglah mean….

  1. 5
  2. 5,75
  3. 6
  4. 6,25
  5. 6,5
  6. Fungsi penulisan laporan hasil penelitian sosial sederhana bagi kepentingan praktis peneliti adalah…
    1. Memberikan pengalaman dalam melakukan kegiatan penelitian
    2. Menginformasikan tata cara melakukan kegiatan penelitian ilmiah
    3. Membantu memecahkan masalah sosial yang ada dalam masyarakat
    4. Mendorong semangat untuk menyusun hasil penelitian
    5. Memudahkan dalam melakukan penelitian lanjutan

Posted on December 14, 2011, in materi sosiologi kelas xii. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: